Jenis-jenis Barang Terlarang di dalam Pesawat

 

Artikel berikutnya untuk anda pengunjung dari blog jasa review kali ini adalah informasi yang yang akan memberitahukan pada anda jenis atau barang-barang apa saja yang dilarang dibawah ke dalam pesawat.Semoga informasi ini dapat membantu anda yang ingin berpergian menggunakan jasa transportasi udara,pesawat.

Pernahkah anda mengalami kejadian di satt hendak melakukan perjalanan menggunakan pesawat terbang,pisau lipat swiss anda disita1 petugas kemanan bandara?atau anda harus merelakan parfum yang anda beli sebagai oleh-oleh berpindah ke tangan petugas keamanan?atau anda mungkin berfikir,mengapa harus terjadi demikian?Lewat artikel ini,penulis beritahukan untuk mengenai barang-barang atau zat yang tidak di perbolehkan atau dibatasi pada penerbangan komersial.Dalam dunia penerbangan komersial ada dua istilahuntuk barang-barang yang dilarang masuk ke dalam pesawat komersial,yaitu : ''Dangerous Goods dan Security Item''.untuk lebih jelasnya silahkan anda simak penjelasan di bawah ini.

Dangerous Goods

Jenis-jenis Barang Terlarang di dalam Pesawat
Dangerius Goods (DG) dedefenisikan sebagai bahan atau benda yang dapat membahayakan pesawat dan atau benda yang dapat membahayakan penumpang lain jika dibawa ke dalam pesawat.Sihingga dilarang atau hanya boleh dibawa dengan memperhatikan kemasan,jumlah,posisi penyimpanan,perlakuan terhadap benda lain,atau kategori penerbangan tertentu (cargo).Berdasarkan peraturan International Civil Aviation Organization (ICAO-Organisasi Penerbangan Sipil International) Annex 18 dan surat keputusan kementrian perhubungan indonesia.Dangerous Goods di bagi menjadi tiga kategori,yaitu :

Barang yang Boleh diangkut oleh Pesawat

Yaitu jenis barang berbahaya yang dapat diangkut dengan mengikuti persyaratan atau proses tertentu.yaitu sudah di klasifikasikan oleh orang yang berwenang dan bersertifikat,dikemas sesuai dengan klasifikasinya,diberi marka dan label,serta disertai dengan dokumen resmi.Beberapa benda atau barang yang termasuk ke dalam kategori ini adalah :

Minuman Beralkohol.Minuman harus berada dalam kemasan yang tersegel maksimum 1 liter per kemasan,kadar alkohol yang diperbolehkan 24%-70%,dan maksimal 1 orang hanyak boleh membawa 5 liter saja.

Obat Semprot,Parfum,Hairspray,Pasta dan Gel.Maksimum 1 penumpang hanya boleh mebawa barang ini ke dalam kabin sebanayak 1 liter dengan kemasan masing-masing 100ml.Sementara tidak ada batasan jika di simpam di dalam bagasi pesawat.

Alat Bantu Kesehatan.Ini halnya seperti tabung oksigen (maksimum 5 kg),obat-obatan atau baterai lithium yang digunakan untuk mengoprasikan alat bantu kesehatan dapat dibawa ke dalam kabin denga menyertakan dokumen pendukung seperti surat keterangan dokter.

Barang yang Tidak Boleh diangkut oleh Pesawat

Yaitu barang atau benda yang dapat meledak,menimbulkan reaksi yang membahayakan,menimbulkan api atau perubahan panas yang membahayakan atau menimbulkan emisi beracun,korosif,atau gas dan uap yang mudah terbakar pada kondisi normal dalam penerbangan.Contoh benda yang masuk ke dalam kategori ini adalah petasan,kembang api,tabung gas LPG,korek api gas,tabung pemadam kebakaran,cat,thinner,alcohol,bahan bakar minyak.butane fuel dan lain-lain.

Barang Pengecualian yang dapat diangkut oleh Pesawat

Yaitu bahan atau barang berbahaya yang biasanya tidak diperbolehkan,namun diberikan pengecualian karena fungsinya,seperti peralatan penunjang kelaikan pesawat udara,perlengkapan pelayanan di pesawat udara,perlengkapan pelayanan di pesawat udara diantarannya : parfum dan aerosol,dry ice untuk pemberian layanan makanan dan minuman di pesawat.

Demikian artikel pemberitahuan untuk anda pengujung blog informasi ini yang mungkin sedang merencanakan perjalanan menggunakan alat transportasi darat.Semoga artikel ini dapat membantu anda dalam mempersiapkan perjalanan anda menggunakan transportasi udara.Terima kasih.
loading...
Jenis-jenis Barang Terlarang di dalam Pesawat 4.5 5 Bang Ringo Jangan pernah terbang dengan membawa barang-barang terlarang yang akan di jelaskan di artikel ini,bahaya Artikel berikutnya untuk anda pengunjung dari blog jasa review kali ini adalah informasi yang yan...


9 comments:

  1. Haloo, mau tanya. Berarti kalo bawa sabun cair, minyak telon, dan cairan lainnya boleh ya asalkan taro di bagassi bukan di kabin? Terus kalo bawa air mineral botolan 1 liter boleh gak ya? Mohon jawabannya. Terimakasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. Segala jenis cairan yang ingin dibawa terbang sudah dapat saya pastika, sipemilik dan barang aka melalui Xray bandara. Nah untuk yang Anda pertanayakan mengenai air mineral sudah pasti boleh, tpi untuk cairan lain seperti minyak telon mungkin akan terdeteksi di Xray, jika untuk keperluan penting pada saat melakukan penerbangan mungkin juga akan diperbolehkan, silakan saja diberikan keterangan yang baik kepada staff Xray (Angkasa Pura).

      Delete
  2. Hallo.. Mau nanya donk...
    Aku ad rencana ke LN tapi karna mama ku sering lemas jadi aku ad rencana buat bwa tens darah.. Nah alat tensi darahku itu yg manual.. Kira kira bisa bwa ke dlm cabin ga ya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sebelumnya sudah dijawab dibagian bawah. Catatan lagi, harap juga bawa surat layak terbang dari dokter untuk memberikan keterangan kepada awak crew nanti. Setiap crew pasti mengecek kondisi penumpang pada saat masuk ke dalam pesawat secara kasat mata, jadi surat dokter yang masih berlaku perlu untuk dibawa, agar tidak terjadi pengoffloadtan penumpang karena tidak layak terbang dengan alasan sakit. Oh iya, surat dokter biasanya berlaku hanya untuk 3 hari ya, jadi lebih teliti lagi, ok?

      Delete
  3. Hallo kak.. Mau nanya donk... Klo aku mau bawa alat tensi darah blh masuk cabin ga ya??
    Mohon dijawab terima kasih...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Setiap Maskapai memiliki ketentuan masing-masing selain ketentuan yang sudah ditetapkan oleh pemerintah. Selama alat tensi tersebut sangat penting untuk kamu selama masa penerbangan, harap berikan penjelasan kepada awak cabin hanya jika cabin crew mengetahui jika kamu sedang membawa alat tensi darah. Memberitahukannya sebelum diketahui juga boleh kamu lakukan. Tapi ingat, jangan lupa memberikan alasan yang baik!.

      Delete
  4. 5 Liter minuman beralkohol dapat diperbolehkan? sumber dari mana yang bisa memastikan hal itu? saya berencana membawa minuman beralkohol kurang 2,5 Liter. Saya sedikit bingung, karena banyak sumber yang menjelaskan bahwa hanya 1 liter yang diijinkan dibawah saat penerbangan. Tapi bingungnya lagi, mereka menjelaskan 1 Liter dalam kabin Pesawat bukan dalam Bagasi Pesawat. Ada penjelasan mengenai hal itu? Terima Kasih sebelumnya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ya, saya juga bingung rencananya tahun depan akn plg k indonesia dan pgn bawa alkohol, sy denger hny 1lt per org tp kok ini boleh 5lt ya? Bingung sy jadinya

      Delete
  5. saya mau tanya boss...bagaimana dengan chemical cair apakah termasuk barang berbahaya? boleh atau tidak dibawa dengan pesawat udara ?

    ReplyDelete

Maaf OM & Tante, jangan komentar "MODUS" ya. Terima kasih.

Powered by Blogger.