Bolehkah Ibu Hamil Naik Pesawat?, Ini Jawabannya

 

Sesuai dengan judul di atas, admin akan membahas apa yang perlu diketahui penumpang wanita yang sedang hamil dalam melakukan penerbangan, beserta tips untuk menunjang keamanan dan kenyamanan.

Mitos Wanita Hamil Tidak Boleh Naik Pesawat

Wanita Hamil Dilarang Naik Pesawat

Mungkin anda pernah mendengar mitos bahwa wanita yang tengah hamil tidak boleh berpergian menggunakan pesawat terbang. Alasannya karena radiasi dari x-ray scanner dan metal detector (perangkat keamanan bandara) dapat membahayakan janin dan kandungan. Atau mungkin radiasi dalam cabin pesawat yang sedang terbang pada ketinggian tertentu dapat membahayakan calon bayi anda. Memang tidak ada salahnya untuk selalu waspada demi keselamatan janin. Namun jangan sampai informasi yang keliru menghambat kegiatan yang mengharuskan anda bepergian menggunakan pesawat terbang dikala hamil.

Artikel terkait penerbangan : Tips Mendapatkan Harga Tiket Murah dalam Masa Promo. Mungkin juga baik untuk anda ketahui.

Hasil penelusuran dan pengetahuan admin, pendapat para ahli dibidang kesehatan kandungan dan kebidanan relatif sama dengan hasil melengkapi satu sama lain. Berikut beberapa kutipan pendapat para ahli kebidanan dan kandungan yang memperbolehkan melakukan perjalanan dengan pesawat terbang dikala anda sedang hamil :
  • Nancy Chescheir, seorang ahli kandungan dari Unversity of North Carolina, membantah mitos tersebut. Menurutnya, radiasi yang dipancarkan peralatan keamanan bandara maupun radiasi yang diterima saat ibu hamil berada pada ketinggian tertentu berjumlah sangat kecil. Jumlahnya masih pada batasaman dan tidak membahayakan janin. Pernyataan Chescheir juga dibenarkan oleh National Institute for Standards and Technology dan John Hopkins University Appiled Phycisc Laboratory. Penelitian yang dilakukan institusi-institusi ini menyebutkan, radiasi yang dipancarkan oleh body scanner bandara tidak akan berefek buruk pada kondisi janin.
  • American College of Obstetrician anda Gynecologist (ACOG), sebuah organisasi para dokter spesialis kebidanan dan kandungan di Amerika Serikat, juga memperbolehkan perjalanan sesekali menggunakan pesawat terbang. Dengan syarat usia kehamilan minimal 36 minggu dan tidak memiliki komplikasi saat hamil atau penyakit penyerta lainnya. Hal ini untuk menghindari ada kesalahan dalam perhitungan hari perkiraan kelahiran atau persalinan prematur.
Regulasi, International Air Tranports Association (IATA), kriteria ibu hamil yang diperbolehkan terbang dipertimbangkan dari riwayat kesehatan dan kehamilan sebelumnya, jumlah janin yang dikandung, serta umur kehamilan. Wanita dengan hamil tunggal (hanya 1 janin yang dikandung) tanpa komplikasi diperbolehkan terbang hingga usia kehamilan mencapai 36 s/d 38 minggu, dengan waktu penerbangan tidak lebih dari 4 jam. Komlikasi yang dimaksud dalam peraturan di atas adalah yang berhubungan dengan kehamilan tersebut maupun keadaan kesehatan calon ibu yang beresiko tinggi sehingga disarankan untuk tidak melakukan perjalanan dengan menggunakan pesawat terbang. Komplikasi yang dimaksud antara lain :
  1. Tekanan darah tinggi akibat kehamilan (Pregnancy Induced Hypertension)
  2. Kadar gula darah yang sulit dikontrol saat masa kehamilan
  3. Penyakit jantung
  4. Kelainan plasenta
  5. Risiko kehamilan prematur

Tips Wanita Hamil yang Hendak Bepergian Menggunakan Pesawat Terbang

  • Gunakan pakaian yang longgar agar anda leluasa bergerak.
    Jika memungkinkan gunakan stocking untuk membantu aliran darah dari tumit ke jantung dan paru-paru.
  • Minum air secukupnya karena perjalanan udara dapat menyebabkan dehidrasi yang biasa mengentalkan darah.
  • Olahraga ringan seperti berjalan di lorong cabin atau sekedar melakukan stretching di kursi anda untuk membantu peredaran darah agar lebih lancar.
  • Hindari makanan yang dapat membentuk gas seperti kacang-kacang, brokoli, sawi, tapai, dan minuman bersoda karena tekanan udara do cabin pesawat yang berubah-ubah dapat menyebabkan usus membentuk gas lebih cepat dari biasanya.
Setelah membaca artikel ini, sekarang waktunya anda hilangkan opini jika ibu hamil dilarang terbang menggunakan pesawat. Itu sama sekali tidak benar, asal anda mengetahui prosedur-prosedur khusus yang haru dilakukan ibu hamil sebelum memutuskan untuk tetap bepergian menggunakan pesawat seperti prosedur dan tips yang admin jabarkan di atas.
loading...
Bolehkah Ibu Hamil Naik Pesawat?, Ini Jawabannya 4.5 5 Bang Ringo Wanita hamil boleh bepergian menggunakan pesawat terbang, asal memahami dan mengetahui prosedur beserta tips ibu hamil pada saat di bandara dan udara berikut ini. Sesuai dengan judul di atas, admin akan membahas apa yang perlu diketahui penumpang wanita yang sed...


No comments:

Post a Comment

Maaf OM & Tante, jangan komentar "MODUS" ya. Terima kasih.

Powered by Blogger.