Cara Bayar BPJS melalui ATM Mandiri, BRI dan BNI (BCA Not Recomended)

Bosen, jenuh dan sangat melelahkan harus menunggu antrian di bank untuk pembayaran iuran BPJS anda? , faktanya dari beberapa pengalaman orang lain melakukan pembayaran langsung ke bank harus merasakan namanya antrian yang memakan waktu cukup lama, bisa mencapai 5 jam, bahkan lebih. Sekarang ada cara efisien dalam hal waktu, kemudahan untuk melakukan pembayaran iuran asuransi hidup anda tersebut melalui pembayaran BPJS via ATM. Berikut sekilas, fenomena dan fakta terkait pembayaran BPJS via ATM yang haru anda ketahui.

Pembayaran BPJS via ATM Mandiri, BRI dan BNI

Cara Melakukan Pembayaran BPJS via ATM

Artikel ini ditulis berdasarkan pengalaman Admin membayarkan BPJS saudara yang kebetulan lokasi tempat dimana Admin tinggal sangat dekat dengan mesin ATM Mandiri sangat berbanding terbalik dengan saudara yang harus menempuh jarak yang panjang untuk sampai ke mesin ATM (maklum orang kampung) . Sekalian menambah artikel di blog dan berbagi pegalaman. Siapa tahu kelak Admin harus rutin membayar BPJS untuk diri sendiri, memang saat ini Admin belum mendaftar di asuransi milik negara ini. Ternyata tidak mudah melakukan pembayaran BPJS via ATM hanya jika anda baru saja mengetahui sistem pembayaran BPJS di ATM ternyata menggunakan sistem online, tidak selalu ada menu pembayaran BPJS di layar mesin ATM, menurut sumber yang Admin dapatkan, ternyata benar demikian, di jam-jam sibuk menu pembayaran BPJS di mesin ATM tidak akan ada. Bahkan tidak semua mesin ATM dapat melakukan pembayaran BPJS, alasannya belum dapat Admin blog Informasi Ide Online pastikan, bisa karena setting-an di mesin ATM yang belum diberlakukan untuk pembayaran BPJS atau lain-lain hal.

Karena Admin baru saja melakukan kegiatan pembayaran BPJS, jelas saja Admin merasa kesulitan. Sebelum coba melakukan pembayaran, Admin searching-searching terlebih dahulu di internet terkait pembayaran BPJS. Fakta lagi mengenai pembayaran BPJS melalui ATM ini ternyata sering terjadi error pada mesin ATM saat masuk ke tahap pembayaran. Diungkapkan oleh salah seorang blogger di artikelnya, beliau mengalami error saat proses pembayaran sedang berlangsung, dan ini selalu terulang saat ia ingin mencba lagi. Untungnya Admin tidak merasakan pengalaman buruk demikian. Jadi sebaiknya yang pertama jika anda tetap ingin melakukan pembayaran iuran BPJS melalui mesin ATM, harus melakukan transaksi di waktu-waktu yang lengang, pagi-pagi buta kisaran jam 6 atau larut malam di jam 22:00 agar dapat melihat menu pembayaran BPJS ada di layar mesin ATM tempat anda membayar. Yang kedua jika kemudahan yang anda inginkan hingga akhirnya harus membayar BPJS via ATM maka siap-siap menerima pesan error seperti pada kronologis di atas, karena kejadian tersebut bisa saja menimpah anda. Silanjutnya, silahkan simak bagaimana langkah-langkah yang haru Admin tempuh ketika melakukan pembayaran BPJS via ATM berikut :

Langkah-langkah Pembayaran BPJS di Mesin ATM hanya untuk Bank Mandiri, BRI dan BNI

  • Pastikan anda sudah memiliki akun nomor rekening Bank Mandiri, BRI dan BNI beserta kartu ATM untuk proses ini, selanjutnya pergi ke mesin ATM terdekat di tempat anda tinggal
  • Sampai di ruang mesin ATM, masukkan kartu anda, pilih bahasa dan ketik password kartu ATM anda
  • Selanjutnya akan muncul menu untuk proses selanjutnya, silahkan pilih Pembelian/Pembayaran
  • Sampai di tahap ini, silahkan pilih Menu Lainnya untuk ke layar pembayaran BPJS Kesehatan atau BPJS Ketenagakerjaan (silahkan anda pilih sesuai dengan BPJS anda)
  • Layar berikutnya akan masuk ke tahap pemilihan Individu atau Badan Usaha (silahkan anda pilih sesuai dengan BPJS anda)
  • Layar berikutnya akan meminta anda memasukkan kode Bank yang berlaku untuk pembayaran BPJS anda (Mandiri – 89888, BRI – 88888 dan BNI – 88888)
  • Selanjutnya, silahkan input dari ketiga kode Bank di atas diikuti dengan 11 angka dari belakang Nomor Virtual Account BPJS anda, dan pilih Benar jika anda rasa semua angka yang harus di masukkan sudah benar
  • Layara monitor ATM berikutnya akan meminta anda memasukkan waktu dalam hitungan bulan untuk masa pembayaran BPJS anda, jika anda ingin membayar untuk waktu 1 bulan kedepan, silahkan ketik 1, berlaku untuk berikutnya. Jika sudah silahkan pilih Benar
  • Sampai disini dan proses selanjutnya adalah Konfirmasi penbayaran yang baru saja anda lakukan. Jika semua sudah anda pastikan benar, silahkan pilih Ya
  • Proses berjalan, tunggu sampai struck pembayaran BPJS anda keluar dari mesin ATM sebagai bukti bahwa anda sudah melakukan pembayaran iuran BPJS.
Adakah diantara anda pengunjung yang mempertanyakan : Mengapa panduan pembayaran BPJS di atas tidak disebutkan untuk proses cara pembayaran melalui ATM BCA, bahkan pada judul artikel diperjelas BCA Not Recomended? atau mengapa admin tidak menawarkan jasa pembayaran kartu kredit saja?. Tepat sekali, Admin adalah pemegang akun rekening Bank BCA, tapi setelah di coba berkali-kali dan di mesin ATM BCA yang berbeda untuk melakukan pembayaran BPJS Admin tidak menemukan menu untuk melakukan pembayaran BPJS, entah karena alasan BCA belum bekerja sama dengan asuransi pemerintah ini atau mungkin karena kebetulan saja di beberpa mesin ATM BCA yang Admin coba setting-an untuk pembayaran BPJS belum tersedia. Melalui hasil pencarian di mesin pencari Google juga tidak Admin temukan panduan untuk membayar BPJS via ATM BCA. Jadi sebaiknya silahkan lakukan pembayaran BPJS hanya pada Bank-bank ATM rekomendasi anda di atas daripada bernasib sama dengan Admin, hanya bentuk saran saja, jika ingin mencoba silahkan saja, mungkin panduannya kurang lebih sama dengan panduan di atas.

11 comments