Tentang Buah Merah atau Pandanus Conoideus

Admin Informasi Ide Online kembali dengan artikel sederhana untuk memberikan informasi bersahaja, dalam kesempatan di artikel yang berlabel ulasan ini, admin akan sedikit mengulas tentang Buah Merah atau yang lebih dikenal dengan nama latin Pandanus Conoideus, penyampaian informasi tentang buah berikut ini admin kutip dari salah satu majalah yang admin miliki, merasa baik untuk dibagikan lagi melalui blog ini, maka itu admin lakukan.

Buah Merah

Buah Merah
Buah Merah adalah buah dengan tampilan berwarna merah yang menjadi buah tradisional untuk masyarakat Papua, buah ini begitu dekat hingga menjadi bagian acara tradisonal yang diturunkan secara turun-temurun oleh anak cucu masyarakat Papua. Penyebaran buah ini banyak terdapat di Jayapura yang tersebar di wilayah Manokwari, Nabiredan Wamena, tak heran jika sampai saat ini Buah Merah jadi bagian yang melekat bagi warga Papua. Berikut sekilas ciri fisik dari Buah Merah :

Pengenalan Buah Merah

Bentuk Buah Merah berbentuk lonjong dengan kuncup tertutup daun buah. Buah Merah sendiri memiliki panjang kisaran 55 cm dengan diameter 10 hingga 15 cm, sementara untuk berat rata-rata buah ini di kisaran 2 sampai 3 kg. Penampakan Buah Merah pada saat matang siap untuk disantap akan berwarna merah marun terang. Tinggi tanaman dari Buah Merah dapat mencapai 16 m dengan cabang setinggi 5 hingga 8 m yang diperkokoh akar-akar tunjang pada batang sebelah bawah.

Hingga sampai saat ini, Buah Merah tetap menjadi makanan penduduk Pulau Papua. Buah Merah terbiasa dijadikan campuran makanan sehari-hari oleh penduduk sekitar. Melalui proses panjang, diperas setalah membakarnya dengan menggunakan batu. Sari Buah Merah hasil perasan ini di konsumsi bersampa ubi, sayuran dan bahan makanan lain.  Dalam upacara bakar batu, hidangannya tidak lengkap tanpa Buah Mrah.

Buah Merah Identik dengan Masyarakat Papua

Buah Merah Papua
Masyarakat Wamena, Papua menyebut buah ini dengan nama Kuansu. Bagi Masyarakat di Wamena, Buah Merah disajikan untuk makanan pada saat acara pesta adat bakar batu. Secara Tradisional, Buah Merah juga bermanfaat untuk menyembuhkan berbagai macam penyakit seperti dapat mencegah penyakit mata, cacingan, klit, dan juga berfungsi meningkatkan stamina. Buah Merah banyak mengandung antioksidan, beberapa zat yang meningkatkan daya tahan tubuh, seperti : asam oleat, asam linoleat, asam linolenat, dekanoat, Omega 3 dan Omega 9. Selai itu Buah Merah dapat memperlancar aliran darah ke jantung dan otak, juga dapat meningkatkan produksi antibodi. Demikian informasi yang dapat admin berikan, semoga saja bermanfaat untuk anda pembaca.

0 comments