Cara Mudah Membuat Toko Online Gratis untuk Pemula

Artikel berikutnya dari penulis untuk sebuah kategori artikel tips,trik dan cara kali ini adalah tentang cara membangun toko online.Banyak sekali permintaan akan sebuah artikel tutorial/pembelajaran cara-cara membuat toko online dari pengguna internet,dan hal itu juga di imbangi dengan berbagai macam cara yang diberikan orang-orang yang mengerti akan pembuatan web design.Positif sekali,hal itu menandakan banyaknya orang-orang yang telah mengerti memanfaatkan perkembangan internet dengan baik.Artikel berikut ini juga merupakan panduan cara membuat toko online yang mungkin sedikit sama dengan panduan-panduan yang telah ada lebih dahulu sebelum artikel ini.

Toko Online

Cara Mudah Membuat Toko Online Gratis untuk Pemula
Kehadiran-kehadiran website toko online baru setiap harinya di internet membuka peluang usaha tersendiri bagi sebagian mereka yang ahli web design dalam hal ini jasa pembuatan toko online untuk membantu mereka yang ingin mempergunakan jasa web design tersebut.Tapi sayangnya tidak semua pengusaha online baru mampu atau ingin memanfaatkan jasa web design dengan alasan yang berbagai macam,dan cara pengusahan baru tersebut berusaha agar tetap dapat membangun sebuah website toko online adalah dengan cara mencaritahu pembuatan toko online di internet,mungkin salah satunya adalah anda.Untuk itu pahami pembelajaran sederhana cara membuat toko online yang penulis berikan berikut ini.

Struktur Website Toko Online

Pada dasarnya,setiap berdirinya sebuah situs,website bahkan blog seperti blog penulis ini di dasari dari sebuah alamat dan tempat penyimpanan file,dan bukan hanya penyimpanan file saja,bahkan dalam situs penyimpanan file tersebut ada beberapa fitur lain yang dapat di manfaatkan untuk membangun situs website dengan kegunaan yang bermacam-macam.Domain,Hosting,Blogger dan Wordpress,inilah yang penulis maksud dengan sebuah alamat dan tempat penyimpanan file beserta fitur-fitur lain di dalam tempat tersebut.Artikel tutorial pembuatan toko online ini tidak akan penulis bumbui dengan kata ''mudah'' jika penulis tidak dapat menjamin anda akan dapat membuat toko online dengan hanya membaca artikel ini.Untuk mempermudah anda,silahkan penjelasan singkat,padat dan semoga jelas anda pahami.

Kategori Pembuatan Toko Online

Artikel pembelajaran cara membuat toko online ini penulis bagi ke dalam dua kategori,yaitu kategori pembuatan toko online gratis dan pembuatan toko online berbayar.Silahkan anda pilih cara mana yang ingin anda lakukan.

Pembuatan Toko Online Gratis
Jika ingin membangun sebuah website toko online secara gratis,maka anda harus menggunakan alamat dan tempat penyimpanan file yang juga memberikan layanan secara gratis,contohnya blogger dan wordpress.Tapi yang perlu anda ketahui adalah setiap layanan yang diberikan secara gratis,pasti memiliki banyak kekurang dalam hal kepuasan yang anda dapat,anda inginkan.Berikut ini panduan cara membuat toko online gratis :
  1. Pertama,anda harus memiliki sebuah akun email di gmail.com atau yahoo.com,tahap awal ini berlaku juga untuk pembuatan toko online berbayar jika menggunakan jasa pembuatan website toko online.Jika anda juga masih kurang memahami cara mendaftar akun email di gmail.com dan yahoo.com,anda dapat mengujungi artikel penulis di judul berikut : ''Cara membuat email baru di gmail'' dan ''Cara membuat email baru di yahoo''.
  2. Kedua,anda harus mendaftar kembali di salah satu tempat penyimpanan file gratis,boleh wordpress.com atau blogger.com.Jika anda juga masih kurang memahami cara mendaftar akun baru di wordpress atau blogger,tidak perlu kuwatir,anda hanya perlu mengunjungi alamat ini wordpress.com atau blogger.com.Silahkan mendaftar dengan akun email atau yahoo yang telah anda miliki.Sedikit catatan,jika ingin menggunakan blogger,maka ketentuannya anda harus memiliki akun email di gmail.com
  3. Ketiga,anda harus memperhatikan langkah-langkah pendaftaran anda di blogger atau di wordpress,Silahkan isi dengan keinginan anda di kotak kosong yang telah di sediakan.Contoh pada saat pemilihan alamat/domain,ketik dengan alamat domain yang anda inginkan.
  4. Keempat,sampai pada tahap ini,penulis pikir anda sudah mempunyai sebuah alamat domain dan tempat penyimpanan file dari antara kedua situs di atas.
  5. Kelima,saatnya anda memanfaatkan fitur-fitur gratis yang ada di kedua situs di atas,wordpress dan blogger.Langkah awalnya adalah mengganti tampilan/template toko online anda dengan memperhatiakn fitur di dalam kedua situs tersebut.Jika anda masih kurang mengetahui tentang template/tampilan website,anda dapat mengunjungi artikel penulis yang lain di judul artikel berikut ini : ''Kumpulan template toko online blogspot'' dan ''Kumpulan template toko online wordpress''.Untuk cara penggantian template penulis pikir anda sudah mengetahuinya setelah membaca artikel penulis di atas atau jika masih kurang memahami,silahkan cari di google ''cara mengganti template blogger atau wordpress''.
  6. Keenam,Website toko online anda sudah selesai,untuk tahap selanjutnya untuk segi tampilan website toko online yang profesonal,silahkan cari-cari tahu cara mendesign blogger dan wordpress di google agar menjadi sebuah tampilan website profesional.
Kemungkinan alamat domain website toko online gratis anda : www.tokoonline.blogspot.com atau www.tokoonline.wordpress.com.Anda dapat membuat toko online anda terlihat profesional nanti jika anda telah mengetahui cara mempercantik blog atau wordpress.

Pembuatan Toko Online Berbayar
Jika anda ingin membangun sebuah website toko online secara berbayar,maka tidak ada tutorial yang akan penulis berikan.Anda hanya perlu mencaritahu di internet jasa pembuatan website toko online yang mungkin saat ini jumlahnya sudah ratusan.Tinggal anda pilih saja mana jasa pembuatan toko online yang benar-benar mampu memberikan layanan terbaik dalam pembuatan website toko online.

Kemungkinan alamat domain website toko online berbayar anda : www.tokoonline.com

Demikian artikel penulis kali ini tentang cara pembuatan toko online dengan mudah,semoga anda dapat memahami tahapan-tahapan dengan baik sehungga menjadi artikel yang bermanfaat untuk anda dan pembaca yang lain.Jika masih ada hal-hal yang kurah jelas,silahkan berkomentar,penulis akan dengan senang hati menanggapinya.

9 comments