Mandi Malam : Manfaat,Efek dan Bahaya yang Timbul

 

Berbagi apa saja yang baik, bermanfaat menjadi bagian hobi tersendiri pada admin, termasuk bagaimana anda akan mengetahui efektifitas, dan kegunaan tulisan berikutnya dari admin Informasi Ide Online tentang akibat dan bahaya mandi terlalu malam, di luar normal. Keseluruhan dari kita melakukan kegiatan mandi sehari-hari merupakan kewajiban yang harus di jalankan, selain untuk menjaga kondisi tubuh agar tetap bersih dan terlindungi dari segala penyakit, mandi juga mampu mengoptimalkan kesegaran tubuh. Tapi sayangnya ada beberapa orang karena kesibukan tidak dapat melakukan kegiatan bersih-bersih ini di waktu yang wajar (dianjurkan dan biasanya), seperti mandi larut malam. Ternyata dan telah banyak juga yang mengetahui ini tidak baik untuk kesehatan. Barikut admin perjelas lagi apa-apa saja efek buruknya akibat mandi terlalu larut malam.

Jangan Mandi Malam jika ingin Terhindar dari Penyakit ini :

Mandi Malam Manfaat,Efek dan Bahaya yang Timbul
Informasi Terbaru : Baru-baru ini banyak yang tidak sependapat bahwa mandi terlalu malam itu bahaya untuk kesehatan, malah ada sebagian dokter yang menyarankan anda untuk mandi di waktu yang sudah menunjukkan angka 19:00 wib ke atas, itu akan berdampak baik untuk kesegaran tubuh. Jadi kontroversi dan ketidakpastiaan sebuah informasi. Tapi anda akan mengetahui lebih lanjut tentang ini, sebaiknya ketahui dahulu penyakit-penyakit yang muncul akibat mandi terlalu malam berikut ini :
  1. Rematik : Satu alasan yang mungkin sering kita dengarkan kenapa orang tua pada saat kita masih kecil melarang untuk mandi terlalu malam, jelas sebagian orang tua (ibu) telah mengetahui mandi terlalu malam akan mendatangkan penyakit rematik. Jawaban ilmiah untuk ini adalah : Jenis-jenis rematik tersebut bergantung pada penyebab terjadinya rematik. Sebagian besar rematik disebabkan oleh adanya peradangan pada sendi. Peradangan sendi ini pun dapat terjadi mulai dari kekurangan hormon estrogen, faktor genetik, osteoporosis, hingga karena tingginya kadar asam urat dalam darah. Sebenarnya kebiasaan mandi malam tidak berpengaruh secara langsung terhadap timbulnya penyakit rematik. Mandi malam akan berpengaruh terhadap timbulnya nyeri sendi jika memang sudah memiliki riwayat penyakit rematik. Hal tersebut berkaitan dengan menyempitnya pembuluh darah akibat hawa dingin yang akan berpengaruh pada kurang tersuplainya oksigen ke sendi sehingga terjadilah nyeri.
  2. Paru-paru Basah : Selain penyakit rematik, ada lagi alasan mengapa orang tua dahulu sangat menyarankan kita untuk tidak melakukan kegiatan mandi malam, karena dapat mengakibatkan datangnya penyakit paru-paru basah. Penjelasan ilmiah untuk ini sebagai berikut : Paru-paru basah merupakan istilah di masyarakat yang sering digunakan dokter/petugas medis untuk menunjukkan kelainan pada rongga paru-paru yang terisi cairan paru-paru. Proses yang sebenarnya terjadi adalah proses peradangan. Kenapa disebut basah, karena memang paru-paru terisi cairan radang.

    Penyebab cairan tersebut bisa macam-macam, misalnya :
    1.Infeksi (TB paru, pneumonia, dll)
    2.Tumor paru (baik yang asalnya dari paru-paru maupun proses penjalaran dari tumor di tempat lain)
    3.Trauma (misal hantaman benda tumpul di rongga dada, dll)

    Peradangan pleura di Indonesia paling sering disebabkanpenyakit TBC. Radang di dalam paru-paru ini akan menembus pleura yang lalu menimbulkan cairan. Selain TBC, cairan bias muncul bila paru-paru terkena bronkhitis, tumor, bahkan masalah di luar paru-paru, seperti demam berdarah, kekurangan albumin, dan lain-lain. Cairan muncul karena peradangan paru-paru mengganggu permeabilitas (keadaan zat yang memungkinkan lewatnya zat lain) pembuluh darah dan saluran getah bening di daerah tersebut sehingga cairan merembes masuk. “Perlu diingat, cairan tersebut bukan merupakan lendir dari saluran napas atas yang turun ke bawah, tetapi muncul karena peradangan, ”katanya. Tingkat bahaya penyakit ini tergantung pada penyakit dasarnya. Bila disebabkan tumor atau kanker, maka sangat berbahaya. Sedangkan bila karena TBC, infeksi nonspesifik, kekurangan albumin, atau kuman demam berdarah, biasanya tidakterlalu serius.Masyarakat biasanya mengaitkan hal tersebut dengan kebiasaan mandi malam hari, tidur di tempat dingin, berkendaraan motor di malam hari atau dihubungkan dengan kipas angin. Sebetulnya tidak ada kaitan secara langsung.
Harap dicatat : Ada benang merah yang sama dari penjabaran mengapa jika anda mandi terlalu larut malam dapat menyebabkan penyakit Rematik dan Paru-paru Basah. Itu karena mandi malam di beberapa daerah di Indonesia khususnya, jika sudah malam hari datang, air yang kita  konsumsi untuk mandi yang datang dari dasar tanah sudah menjadi dingin, sehingga berdasarkan penjelasan ilmiah di atas, air dingin yang dimanfaatkan untuk mandi pada malam hari akan mendatangkan penyakit Rematik dan Paru-paru Basah.

Mandi Malam Baik untuk Kesehatan jika Caranya Seperti ini :

Mandi Malam Manfaat,Efek dan Bahaya yang Timbul
Informasi Terbaru, dari 2 kata yang admin berikan tanda merah di atas dari ketidaksamaan informasi ini penjelasan yang dapat admin simpulkan. Mitos yang berkembang jika mandi terlalu malam akan mengundang penyakit Rematik dan Paru-paru Basah bisa saja dibenarkan atau tidak sama sekali, asal anda tahu bagaimana melakukan kegiatan mandi malam yang baik untuk kesehatan berikut ini :
  • Pergunakan Air Hangat : Jika efek air dingin yang anda manfaatkan untuk mandi malam dapat mendatangkan penyakit Rematik dan Paru-parus Basah, maka untuk terhindar dari kedua penyakit tersebut, sebagiknya manfaatkan air yang hangat/panas untuk mandi di malam hari.
Dari penggunaan air hangat untuk mandi di malam hari akan datang manfaat-manfaat ini untuk kesehatan dan tubuh anda, diantaranya :
  1. Saat mandi dengan air hangat badan jadi lebih segar dan nyaman, mandi dengan air hangat sebelum tidur bisa membantu membuat Anda tidur lebih nyenyak.
  2. Aktivitas mandi dengan air hangat ini bisa membuat kulit tubuh terlindungi dari masalah kulit, akibat dari kotoran yang menempel dari paparan debu dan polusi saat beraktivitas di siang hari.
  3. Mandi dengan air hangat bisa membantu melancarkan sirkulasi darah dan mengurangi rasa lelah setelah melakukan aktivitas seharian. Karena mandi air hangat bisa membuat otot dan persendian menjadi lebih relaks.
  4. Saat mandi menggunakan air hangat bisa menaikkan suhu tubuh, mandi dengan air hangat bisa membantu mengurangi rasa kedinginan pada tubuh. Selain itu, berendam di air hangat juga bisa mengurangi stress dan membuat fikiran jadi lebih relaks.
Sekarang sudah jelas bukan dari informasi ini "Mandi Malam : Manfaat,Efek dan Bahaya yang Timbul". Jadi jangan pernah takut lagi mengalami penyakit jika mandi teralu malam, karena solusi untuk menghindari efek buruk mandi malam itu sendiri telah anda ketahui di atas. Sekian informasi yang dapat admin berikan. Semoga dapat membantu anda mendapatkan jawaban pasti dari kontroversi, mitos dan segala informasi yang berkembang tentang kesimpangsiuran terkait "Mandi Malam".
loading...
Mandi Malam : Manfaat,Efek dan Bahaya yang Timbul 4.5 5 Bang Ringo Mandi terlalu larut malam bagai pisau bermata dua, ada manfaat baik untuk kesehatan, ada juga efek samping dan bahaya buruk yang timbul akibat bersih-bersih di malam hari tsb. Berikut ulasannya. Berbagi apa saja yang baik, bermanfaat menjadi bagian hobi tersendiri pada admin, termasuk bagaiman...


1 comment:

Maaf OM & Tante, jangan komentar "MODUS" ya. Terima kasih.

Powered by Blogger.