Profil Jusuf Kalla : Pengusaha, Politisi atau Aktivis?

Admin sangat tertarik mengulas siapa sebenarnya laki-laki bernama Jusuf Kalla ini, pendamping presiden Joko Widodo memimpin Indonesia selama masa priode 2014 s/d 2019. Bukan hanya Jokowi saja, tentu kita tidak akan pernah lupa ketika beliau juga mendampingin presiden Susilo Bambang Yudhoyono untuk masa priode jabatan 2004 s/d 2009 juga sebagai wakil presiden. Laki-laki yang sukses dalam hidup dan karir yang ia jalani.

Biodata dan Biografi Jusuf Kalla

Berbicara mengenai karir, ini yang sangat luar biasa dari seorang Jusuf Kalla, awalya pengusaha, terjun sebagai politisi, hengkang dan beralih ke dunia aktivis (ketua PMI dan lainnya) dan kembali lagi sebagai politisi, maju mendampingi Jokowi sebagai Capres dan Cawapres di pemilihan presiden tahun 2014. Apakah ini jadi filosofi karir yang saling berhubungan dari pemikiran beliau atau hanya kebetulan saja?, itu hanya ia yang bisa menjawab. Berikut lebih lengkap tentang Jusuf Kalla :

Profil Jusuf Kalla
Nama Lengkap : Drs. H. Muhammad Jusuf Kalla
Nama Populer : Jusuf  Kalla
Inisial : JK
Tempat dan Tanggal Lahir : Watampone, Sulawesi Utara. 15 mei 1942
Agama : Islam
Kebangsaan : Indonesia
Zodiac : Taurus
Hobi : Membaca dan Menulis
Pendidikan : 
Fakultas Ekonomi, Universitas Hasanudin Makasar, (1967)
dan
 The European Institute of Business Administration Fountainebleu (Prancis, 1977)
Pekerjaan : Pengusaha, Politisi dan Aktivis
Istri : Mufidah Jusuf Kalla
Website : www.jusufkalla.info

Jusuf Kalla Pengusaha

Admin memprediksikan, awal nama Jusuf Kalla populer di Indonesia adalah saat ketika ia berhasil memimpin perusahaan NV Hadji Kalla sebagai CEO. Perusahaan ini ditangan pria berdarah bugis ini berkembang pesat hingga menjadi salah satu perusahaan terbaik di Indonesia. NV Hadji Kalla sanggup masuk di jajaran perusahaan yang terus melesat dengan meraih pasar-pasar potensial di dunia bisnis, seperti NV Hadji Kalla untuk binsis perhotelan, kelapa sawit, kontruksi penjualan kendaraan, real estate, transportasi, perkapalan, perternakan udang dan di bidang binsis telekomunikasi. Langsung saja nama Jusuf Kalla seketika itu masuk dalam dunia politik sama halnya dengan pebisnis-pebisnis terdahulunya.

Jusuf Kalla Politisi

Siapa yang mampuh mengirah bahwa sebenarnya awal karir Jusuf Kalla di panggung politik berawal dari kepemimpinannya sebagai ketua Pelajar Islam Indonesia (atau PII). Selanjutnya lagi fakta bahwa Jusuf kalla juga pernah menjabat sebagai ketua di HMI. Darah pemimpin yang ada dalam diri Jusuf Kalla benar-benar nyata, tidak berhenti disitu saja, Jusuf Kalla juga pernah tercacat sebagai Dewan Mahasiswa Universitas Hasanudin sampai akhirnya ia juga mampu meraih posisi di bidang yang sama sebagai ketua Dewan Presedium Kesatuan Aksi Mahasiswa Indonesia (atau KAMI). Tahun 1965, adalah tahun dimana ia terpilih lagi untuk memimpin sebagai ketua di Pemuda Sekber Golkar Sulawesi Selatan dan Tenggara untuk rentang waktu 1965 s/d 1968. Momen bersejarah dalam dunia perpolitikan Jusuf Kalla benar-benar terjadi di tahun ini 1965, kembali beliau terpilih menjadi anggota untuk Dewan Perwakilan Rakyat Daerah Sulawesi Selatan untuk masa jabatan 1965 s/d 1968, belum juga selesai tugas akhir di dunia pendidikan yang ia jalani, sudah banyak jabatan yang Jusuf Kalla mampu genggam. Yang paling fenomenal dari ini adalah ketiaka ia terpilih menjadi anggota Majelis Permusyarakat Rakyar (atau MPR) di tahun 1982 s/d 1987 untuk mewakili partai Golkar, dan di tahun 1997 s/d 199 mewakili daerah.

Jusuf Kalla Aktivis

Jika anda meragukan ada banyak kegiatan di dunia aktivis yang beliau jalankan, anda salah besar. Admin Informasi Ide Online mencatat yang paling mengesankan adalah ketika pribadi Jusuf Kalla yang sederhana memimpin dan menjadi ketua untuk aksi kemanusia di Palang Merah Indonesia (atau PMI). Di tangan beliau, banyak kegiatan PMI yang mendapat sorotan baik di kalangan masyarakat, sampai-sampai membuat penulis bangga dengan pencapaian itu, yang paling mengharukan saat PMI memberi bantuan untuk masyarakat yang ada di wilayah Gaza, semua mata tersorot oleh satu orang pria yang ada dibalik kesuksesan PMI, yaitu Jusuf Kalla. Berbicara Mengenai pencapaian, jangan diragukan lagi, Jusuf Kalla memiliki banyak hal itu, diantaranya dapat anda lihat pada tabel penghargaan berikut ini.

No
PENGHARGAAN untuk JUSUF KALLA
1.
Doktor Honoris Causa dari Universitas Hasanuddin, Makassar
2.
Doktor HC dibidang perdamaian dari Universitas Syah Kuala Aceh pada 12 September 2011
3.
Doktor HC dibidang pemikiran ekonomi dan bisnis dari Universitas Brawijaya Malang pada 8 Oktober 2011
4.
Doktor HC dibidang kepemimpinan dari Universitas Indonesia pada 9 Februari 2013
5.
Penghargaan BudAi (Budaya Akademik Islami) dari Universitas Islam Sultan Agung Semarang
6.
Penghargaan Tokoh Perdamaian dalam Forum Pemuda Dunia untuk Perdamaian di Maluku, Ambon, 2011
7.
Penghargaan Dwidjosowojo Award dari Asuransi Jiwa Bersama (AJB) Bumiputera
8.
The Most Inspiring Person

Sosok fenomenal lain dari admin, ada Cipto Junaedy : Pelopor Membeli Property Tanpa Utang. Mungkin juga anda tertarik mengenal baliau, menginspirasi dan layak untuk disimak!.

Masih banyak lagi gelar penghargaan yang berhasil dicapai oleh Jusuf Kalla, tidak dapat admin sebutkan satu-persatu, yang pasti beliau memang sosok Jusuf Kalla yang luar biasa, patut jadi panutan. Semoga saja beliau tidak pernah berhenti untuk memberikan andil positive untuk kemajuan Bangsa Indonesia kedepannya. Maju terus pak JK. Fakta menarik tentang inisial nama JK sebenarnya memiliki arti Jendral Kecil, benar atau tidak demikian?, silahkan anda pembaca cari referensi lain.

0 comments