Tips Menghadapi Wawancara Kerja, Sukses dan Diterima. Selamat

 

Admin terlalu sulit menjelaskan ini karena alasan tidak memiliki basic dan berkompeten untuk memberikan masukkan pada anda, bagaimana cara menghadapi interview atas sebuah kerjaan yang anda inginkan agar sukses dan diterima. Tapi admin akan mengambil contoh kecil dari apa yang pernah admin alami saat melamar  pekerjaan di salah satu perusahaan maskapai swasta di Indonesia sampai akhirnya diterima bekerja hingga saat ini dan tidak tahu akan sampai kapan. Semoga saja, apa yang admin jelaskan di artikel ini dan anda bersedia atau ingin mencoba menerapkan hal yang serupa, kesuksesan yang sama dapat anda raih. Amin.

Langkah Awal : Mencari Pekerjaan

Tips Sukses Menghadapi Interview Pekerjaan
Keinginan untuk dapat bekerja dalam diri seseorang dapat dilandaskan banyak alasan, sebagian besar pasti karena tuntutan ekonomi, agar dapat menyambung hidup dari upah yang anda terima saat telah melakukan pekerjaan. Di Indonesia sendiri untuk mendapatkan sebuah pekerjaan itu tergolong susah, apa lagi jika anda tidak memiliki latar belakang pendidikan yang baik atau tidak memiliki keahlian/skill sama sekali. Alasannya karena di Indonesia menurut data statistik DEPNAKER dan lembaga lain antara ketersediaan lapangan pekerjaan dan mereka yang membutuhkan pekerjaan tidak sepadan jumlahnya. Pertubuhan jumlah penduduk yang terus melonjak naik jadi dasar kuat mengapa pemerintah tidak mampu menyediakan lapangan pekerjaan yang memenuhi angka mereka yang membutuhkan pekerjaan. Setiap tahun angka mereka yang telah menyelesaikan sekolah menengah atas (SMA) dan ingin langsung bekerja tidak dapat terbendung, terus meningkat drastis.

Untuk anda pembaca jika mungkin masih berada di tahap ini, maka membaca artikel admin 11 Situs Pencarian Lowongan Kerja Terbaik dan Tips Mencari Lowongan Kerja sebagai Pramugari dan Pramugara jadi baik untuk anda baca kembali. Selanjutnya, silahkan ketahui pengalaman admin sukses di tahap wawancara pekerjaan (seperti penjelasan di awal) di bawah ini :

Pengenalan Perusahaan

Dalam Ilustrasi :
  1. Anda telah mengirim lamaran sampai akhirnya mendapatkan telfon untuk masuk ke tahap interview di perusahaan yang anda pilih dan inginkan untuk dapat bekerja.
  2. Anda datang langsung ke perusahaan yang sedang menerima pekerja dengan jumlah yang banyak, sehingga harus dilakukan metode cara pencarian pekerja dengan sistem walk in interview (datang langsung untuk wawancara).
Waktu itu, admin ada di posisi ke 2 dalam ilustrasi di atas. Mengirimkan lamaran ke perusahaan maskapai yang menyediakan lowongan kerja baru, setelah beberapa hari, admin menerima telfon dari team recruitment perusahaan tersebut dan diminta untuk hadir esok hari pukul 08:30 WIB di kantor pusat perusaah maskapai yang tidak dapat admin sebutkan nama perusahaan maskapai terkait untuk masuk ke tahap sesi wawancara. Itu artinya CV/Surat Lamaran yang admin kirim mendapatkan respon yang baik. Langsung saja langkah cepat admin lakukan untuk mencari tahu tentang perusahaan maskapai tersebut di atas secara lengkap, mulai kapan maskpai tersebut berdiri, siapa pemiliknya sampai dengan susunan struktur jabatan di perusahaan tersebut, walaupun sebelumnya telah admin ketahui lebih dahulu, karena alasan ingin menambah sumber informasi, maka mencari referensi tambahan admin pikir sangat penting, bukan tidak mungkin hal-hal mengenai perusahaan tersebut ditanyakan oleh staff yang mewawancarai anda. Coba saja bayangkan jika benar di sesi interview ini ada pertanyaan terkait apa yang sebelumnya anda cari tahu tentang perusahaan tersebut dan anda dapat menjawabnya. Itu sangat luar biasa, 1 poin untuk anda dapat diterima bekerja.

Jika anda dalam ilustrasi yang pertama, maka langkah mempersiapkan jauh-jauh hari sudah harus anda lakukan terkait di tahap pengenalan perusahaan ini. Walaupun terkesan sepele, bukankah kebiasaan pertanyaan yang muncul di sesi interview ini sifatnya menjebak?, anda harus lebih care untuk ini jika tujuan anda ingin segera mendapatkan pekerjaan yang anda inginkan.

Pengenalan Bidang Pekerjaan

Tidak ada ilustrasi, hanya contoh. Artinya anda sudah mengetahui di posisi mana anda ingin ditempatkan bekerja. Contoh admin yang menginginkan ditempatkan bekerja dibagian Oprational, jujur walaupun tidak memiliki pengalaman bekerja dan hanya latar belakang penididkan saja ( ilmu teori). Langkah yang admin tempuh untuk mengenal lebih jauh terkait bidang pekerjaan yang admin inginkan adalah dengan mencari tahu melalui Video Youtube bagaimana bidang bagian oprational dunia penerbangan bekerja. Apa-apa saja kegiatan dan andil staff oprational dalam tujuan melancarkan sebuah rute pesawat yang telah ditentukan oleh skejul awal pesawat tersebut kemana akan terbang. Mempersiapkan dokumen penerbangan, memastikan setiap pihak dan alat pendukung sudah berada dalam posisi yang siap untuk kegiatan pesawat selama di darat, dan lain-lain. Itulah yang admin temukan melalui tayangan Video Youtube.

Tidak sia-sia, akhirnya pertayaan terkait pekerjaan seorang staff oprational ada dalam sesi interview. Langsung saja dengan perasaan dan percaya diri yang tinggi, admin jawab semua pertanyaan team recruitment dengan nada yang tidak terputus. Ini berkat persiapan di atas tentunya. Poin pentingnya adalah, posisikan diri anda pada situasi admin di atas, kenali lebih jauh bidang pekerjaan yang anda inginkan.

Langkah Awal pada Pengenalan, Akhirnya Rezeki yang Menentukan

Artikel ini menceritakan bagaimana admin dapat diterima bekerja di perusahaan maskapai swasta di Indonesia setelah melalui tahap interview yang tidak menyulitkan, bahkan cenderung biasa saja (bukan untuk sombong) sehingga menjadi tips untuk anda bagaimana agar bernasib sama dengan admin, berhasil di tahap interview pekerjaan. Kata "Tidak Menyulitkan" jadi bentuk percaya diri admin yang tinggi pada saat sesi wawancara karena sudah mempersiapkan diri secara baik. Rasa untuk menghadirkan percaya diri yang tinggi tidak lagi sulit jika sudah mempersiapkan segala sesuatunya sejak dini. Terkadang rasa kurang yakin saat menhadapi interview jadi momok besar bagi calon pekerja agar dapat berhasil melaluinya, untuk itu, bersiaplah dan berhati-hati. Selamat berjuang, semoga sukses.
loading...
Tips Menghadapi Wawancara Kerja, Sukses dan Diterima. Selamat 4.5 5 Bang Ringo Cara berikut merupakan pengalaman saya pribadi sukses menghadapi interview hingga akhirnya diterima bekerja di salah satu perusahaan swasta di Indonesia Admin terlalu sulit menjelaskan ini karena alasan tidak memiliki basic dan berkompeten untuk member...


2 comments:

  1. keren tips interviewnya mas, bisa saya terapkan kalau pas nglamar kerja nantinya :D

    tapi enakan kerja jadi blogger gak pakai interview ya mas hehehe :D thanks

    ReplyDelete
    Replies
    1. Mba Indri itu yang keren, kerja sama Google. Hebat, hehehehe.

      Kalau jadi blogger sih mbak jujur aja bukan pekerjaan buat saya, sepertinya kembali kepada manfaat blogging itu sendiri, menulis dan berbagi. Tapi kalau bisa berpenghasilan seperti mba Indri sih malah lebih bagus, cermat tapi siap sama tuntutannya. Lagi mba, saya lebih tertarik berpenghasilan bukan dari start up (pengembangan blog), tapi masih di jenis start up yang sama, kepemilikan situs besar contohnnya, asyik ga mba?hahahaha.

      Delete

Maaf OM & Tante, jangan komentar "MODUS" ya. Terima kasih.

Powered by Blogger.